Ads Top

cara disable klik kanan di blog

right+click+disabled
ilyas175 - assalamualaikum sobat, apakah sobat merasa nyaman dengan keberadaan para copaser, jika sobat merasa nyaman silahkan di manfaatkan si copas itu, tapi jika sobat termasuk golongan yang satunya lagi ada baiknya sobat menyimak bahasan admin malam ini, karena admin akan kasih tau sobat cara ampuh untuk mendisable atau mematikan klik kanan di blog. bahkan tidak hanya klik kanan saja tapi fungsi fungsi serupa pun akan admin kupas sekarang juga seperti "ctrl+a"(select all), dan "ctrl+u"(view source).

sobat boleh jengkel sama tukang copy paste, cape cape buat artikel, eh malah di copas, udah gitu dipasang di blognya lagi, untung kalo link internal yang dibuat tidak di hapus begitu saja, atau bahkan dia menyertakan sumber yang pasti. tapi kalo linknya di hapus, dan si copaser tidak menyertakan sumber pasti, sobat mesti jengkel. nah untuk mengantisipasi yang satu ini sobat bisa mendisable atau mematikan fungsi klik kanan, dkk.

santai saja ga usah khawatir tentang bagaimana caranya, sobat tinggal simak langkah berikut untuk mendisable klik kanan dan kawan kawannya di blog sobat. oke langsung saja simak baik baik caranya.


  • Cara disable klik kanan di blog.

  1. masuk ke Edit HTML di menu Template.
  2. sobat cari kode <body> ...kalo susah carinya, pake "ctrl+f" aja biar gampang.
  3. ubah kode <body> menjadi                                                                                          <body oncontextmenu="return false;" onkeydown="return false;" onmousedown="return false;">
  4. save dengan mengklik simpan template
  5. udah dah selsai, simple kan. 
  • penjelasannya kodenya bisa lihat di bawah.
kode pertamaberfungsi untuk mendisable atau mematikan klik kanan.
oncontextmenu='return false;'

kode keduaberfungsi untuk mematikan "ctrl+a" dan "ctrl+u". [ctrl+a: select all/ memilih semua, ctrl+u: untuk view source/ melihat sumber kode].
onekeydown='return false;'

kode ketigaberfungsi untuk mendisable atau mematikan block select pada artikel sobat.
onmousedown='return false;'

dari ketiga kode di atas memiliki fungsi masih masih yang sudah di jelaskan, dan yang menjadi inti pembahasan kita kali ini adalah mendisable klik kanan di blog. dua kode setelahnya hanya mengikuti saja namun sepertinya dia sangat membantu sekali. jika ada kode yang tidak ingin sobat gunakan (dimatikan fungsinya) maka jangan di cantumkan di Edit HTML. oke, mungkin cukup sekian dari saya semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.